Bupati Banyuwangi: Semangat Gotong Royong adalah Wujud Nyata Pengamalan Pancasila

Banyuwangi (11/6) – Kami berterima kasih kepada LDII Banyuwangi yang turut terlibat aktif dalam bergotong royong menangani Covid-19. Keterlibatan berbagai komponen masyarakat menjadikan kerja pemerintah semakin maksimal. Sungguh beruntung kami selaku pemerintah daerah, nyaris semua komponen masyarakat bergotong royong dalam menghadapi wabah ini. Baik dalam mengatasi dampak kesehatan dengan menyiapkan beragam APD, bersama-sama menyerukan pelaksanaan protokol kesehatan, sampai pada persoalan dampak ekonomi.

Hal itu disampaikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam rangkaian kegiatan Rakor Evaluasi Penanganan Covid-19 dan Persiapan New Normal Layanan Publik dan Tourism, di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan, Banyuwangi, 07/06.

Lebih lanjut Bupati Anas menegaskan bahwa semangat gotong royong adalah wujud nyata dari pengamalan Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia. Yang mana, spirit gotong royong itu, telah tertanam kesebagian besar sanubari bangsa. “Kami mengharap kolaborasi ini akan terus terjaga,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Anas juga menyerahkan bantuan mobil operasional kesehatan kepada DPD LDII Banyuwangi. “Semoga dengan mobil ini, kinerja LDII Banyuwangi untuk memberikan pengabdiannya pada anggotanya secara khusus dan masyarakat secara umum semakin meningkat,” pungkas Anas.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Ketua DPD LDII Kabupaten Banyuwangi H.Astro Djunaidi. Hadir dalam acara tersebut antara lain, Asisten 1, Asisten 3, Kepala Bakesbangpol, Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB, Perwakilan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi, Perwakilan Dandim 0825 Banyuwangi, Bappeda Banyuwangi, Bagian Kesra) dan Kabag Umum dan beberapa staf Pemkab Banyuwangi. Sementara DPD LDII selain ketua dan sekretaris DPD, hadir juga Dewan Penasehat, Pimpinan Cabang (PC) LDII semua kecamatan yang ada di wilayah Banyuwangi, Kelompok Pengajian Wanita LDII Maratus Sholihah dan Pemuda-pemudi LDII.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berharap bantuan yang diberikan bisa membantu kelancaran operasional pengurus DPD LDII, dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai organisasi kemasyarakatan. “Untungnya mobil operasional sudah dibeli sebelum wabah Covid 19. Apabila belum dibelikan tidak menutup kemungkinan program pemberian bantuan terpaksa harus ditunda. Hal tersebut patut disyukuri,” ujar Bupati Anas.

Sementara itu, H.Astro Djunaidi mengungkapkan rasa syukur dan menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemkab Banyuwangi. “Prinsip warga LDII siap bersinergi dengan semua pihak dalam mendukung semua program pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi,” tegasnya.

Selanjutnya dia menuturkan pemberian bantuan dari pemerintah merupakan berkat dukungan dari semua pihak, baik seluruh pengurus DPD, PC dan PAC serta dukungan seluruh warga LDII. Mobil operasional tersebut dapat menunjang program LDII dalam berkomunikasi berkarya dan berkontribusi untuk bangsa. “Dalam menyongsong era tata kehidupan normal baru atau new normal, jajaran pengurus mengupayakan agar warga LDII mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” tegas H.Astro.    (nurhadi joyo, moch.r.abdul fatah/jatimtimes.com/d86)