LDII Silaturohim dengan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku

AMBON, 19/09 – Misi dakwah yang diusung LDII sama dengan jiwa dakwah yang diemban oleh Kementrian Agama yaitu membangun umat Islam sebagai rahmatan lil alamin. Kami menyambut baik LDII dan menganggap LDII sebagai saudara. Hal itu ditegaskan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Jamaludin Bugis,SAg saat menerima kunjungan silaturrohim pengurus DPW LDII Provinsi Maluku, 11/09.

“Tantangan yang dihadapi oleh LDII ke depan akan semakin berat Karena adanya aliran terorisme, radikalisme dan intoleran. Harapannya LDII dapat membantu Kementerian Agama membuktikan eksistensinya dalam mewujudkan Islam Rahmatan lil alamin,” ujar Jamaludin Bugis yang didampingi Kepala Biro Humas Kementerian agama Provinsi Maluku Abdul Karim Rantan.

Lebih lanjut Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku ini mengatakan bahwa Kementerian Agama dan LDII saling bekerja sama dan saling mendukung. LDII punya program, dan tujuan yang jelas. Misinya untuk amar maruf nahi munkar. Kedepannya LDII diharapkan bisa terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Agama, sehingga kerjasama antara Kementerian Agama dan LDII dapat terus terjalin baik.

“Program Kementerian Agama seperti Safari Jumat diharapkan LDII juga bisa berkontribusi. Harapannya LDII menjadi lembaga kepercayaan umat. Untuk itu dalam berdakwah LDII jangan ragu untuk melibatkan Kementerian Agama. Misi kita untuk memberikan dakwah yang menyejukkan,” ujar Jamaludin Bugis.

Pada kesempatan itu pengurus DPW LDII dipimpin Wakil Ketua Jamaludin Wabula,SPd,MPd menyampaikan selamat bertugas atas ditunjuknya Jamaludin Bugis, S.Ag, sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku. “LDII Maluku siap bekerja sama dan mendukung program-program Kementrian Agama RI dalam upaya dakwah, ukhuwah islamiyah dalam kerangka NKRI,” ujar Jamaludin Wabula.

Selanjutnya Jamaludin Wabula melaporkan tentang hasil Rapimnas LDII 2020 sehubungan dengan wafatnya Ketum DPP LDII Prof.KH.Abdullah Syam,MSc, dan menunjuk Pj Ketum DPP LDII Ir.KH.Chriswanto Santoso,M.Sc, sampai masa kepengurusan berakhir pada Desember 2021. Rapimnas dibuka oleh Menteri Agama Fahcrul Razy. Pada Rapimnas LDII 2020, LDII Maluku mengikuti dari kepengurusan yang ada antara lain Kota Ambon, Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kota Tual dan lain-lain.

“Saat ini warga LDII tersebar di 8 kabupaten/ kota dari 11 Kab/Kota di Provinsi Maluku. Beberapa kegiatan selain berdakwah antara lain yang sudah dilakukan seperti ikut serta membantu pemerintah yakni sosialisasi dalam menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, pembagian masker dalam mencegah penyebaran covid 19, kerja bakti lingkungan, serta program-program LDII yakni menciptakan generasi muda. LDII siap bekerjasama dengan berbagai instansi termasuk Kementerian Agama,” tegas Jamaludin Wabula.